Tips Mengatasi Demam Panggung

Disaat kita tampil didepan umum untuk menampilkan suatu pertunjukan dalam hal bermusik baik itu bernyanyi ataupun memainkan instrumen musik, mengalami demam panggung merupakan kendala yang paling sering dihadapi oleh seseorang yang baru saja ingin berunjuk gigi, timbulnya rasa gugup, gemertar bahkan munculnya keringat dingin adalah momen yang harus dihadapi dan harus diatasi dengan benar agar pertunjukan dapat berjalan lancar, nah untuk mengatasi demam panggung ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikut.


Siapkan Diri

Rasa gugup bisa diminimalisir dengan persiapan diri yang sudah matang baik dari segi materi maupun mental, biasanya rasa gugup muncul akibat kurangnya percaya diri dan keyakinan seseorang atas apa yang akan ia tampilkan untuk itu persiapkanlah dirimu dengan baik beberapa hari sebelum acara dimulai.

Berlatih di depan orang lain

Untuk mengatasi rasa gugup langkah berikutnya adalah dengan melatih apa yang akan ditampilkan dengan beberapa audience sungguhan dengan jumlah yang lebih sedikit sebagai gambaran dan sarana untuk melatih metal, ajaklah teman dekat serta beberapa kerabat untuk menjadi audience untuk melatih mental mu.

Merilekskan diri sebelum tampil

Rileks, santai atau menenangkan diri sebelum tampil merupakan cara jitu untuk mengusir rasa gugup, Anda bisa mengobrol dengan orang sekitar, mengatur nafas atau melakukan hal yang bisa membuat Anda merasa nyaman dan santai.

Ketika melakukan kesalahan

Ketika kita sudah berhasil mengontrol diri di atas panggung namun tiba-tiba kita melakukan kesalahan dan membuat rasa gugup itu kembali muncul sebaiknya Anda bersikap tenang dan melakukan improvisasi agar bisa menutupi kesalahan dan penampilan Anda tetap berjalan dengan baik yang terpenting jangan telihat panik.

baca juga artikel lainnya mengenai Gong Tak Hanya Sekedar Alat Musik
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Mengatasi Demam Panggung di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :