Rock Blues, Blues Dengan Gaya Rock and Roll

Rock blues adalah genre musik yang menggabungkan blues dengan gaya rock and roll. Rock Blues didominasi oleh suara gitar listrik, piano, bass dan drum. Beberapa bahkan menambahkan gitar amplifier ,untuk memberikan karakter overdrive . Rock blues berkembang sekitar pertengahan 1960-an di Inggris dan Amerika Serikat.


Ketika band lain sibuk mengacu pada band-band seperti  The Rolling Stones , The Yardbirds dan The Animals. Rock blues justru lebih banyak mengambil unsur-unsur musik jazz. Banyak yang juga yang menyebut rock blues mirip dengan hard rock. Dalam perjalanannya genre musik ini kemudian banyak menyerap semua unsur musik.

Inti dari suara rock blues ada pada gitarnya. Sering kali akord pada gitarnya memainkan garis melodi dan solo dari bagian lead guitar. Ini sedikit berbeda dari blues di era 1950-an yang sangat mengandalkan suara bass, yang bertujuan untuk memperkuat volume. Tambahan instrumen lain seperti keyboard dan piano juga sering digunakan.

Bukan hanya alat musik yang sangat berpengaruh untuk genre musik ini, kualitas vokal juga ternyata sangat memberikan dampak bagi karya-karya rock blues. Bahkan terkadang vokalis sering memainkan peran kunci atas keberhasilan penampilan rock blues. Rock blues terus melakukan eksperimen dengan unsur musik lain,sehingga musik yang mereka hasilkan jauh berbeda dari masa kelahirannya.

Namun pada 1980-an dan 1990-an rock blues berusaha kembali ke akar mereka, adalah Thunderbirds Fabulous dan Stevie Ray Vaughan  yang berusaha kembali memasukkan karakteristik rock blues. Jika anda tipe orang yang suka dengan eksplorasi alat musik, inilah genre yang tepat untuk anda. Sebelum memutuskan menjadi musisi rock blues, ada baiknya belilah instrumennya terlebih dulu. Beli gitar listrik menjadi awal yang bagus untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Rock Blues, Blues Dengan Gaya Rock and Roll di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :