Band Beraliran Two Tone

2 Tone atau Two Tone adalah genre musik yang diciptakan di Inggris pada akhir tahun 1970. Two tone tercipta dengan menggabungkan unsur-unsur ska, punk rock, rocksteady, reggae dan New Wave. Suara 2 Tone dikembangkan oleh musisi muda di Coventry, West Midlands, Inggris. Genre ini bisa dibilang sebagai gelombang ketiga ska scene tahun 1980 dan 1990-an.

Salah satu band yang konsen dengan genre musik ini adalah The Special. Kemunculan The Special pada 1977 ditengarai menjadi awal kemunculan two tone. Musi mereka menggabungkan antara ska danceable dan beat rocksteady dengan energi dan sikap punk. Berbeda dengan band punk lainnya, The Special memiliki sikap politik yang lebih fokus pada informasi.

Style band ini cukup unik, karena selalu menggunakan mod-style ketika melakukan pertunjukkan. Pada era 1960an  style The Special yakni pakaian pria dengan topi pie babi, tonik, lengkap dengan jazz dan sepatu menjadi booming. Kesukseskan style mereka juga diiringi dengan  kesukseskan lagu mereka AKA Live! EP,yang menguasai tangga lagu nomor satu di Inggris,
Setelah tujuh tahun berturut-turut menempati UK Top 10 single (1979 dan 1981) , beberapa anggota kelompok tiba-tiba meninggalkan band ini dan membentuk Fun Boy. Meski terpecah namun karya-karya mereka selalu dikenang diwilayah Inggris. Terutama gaya berpakaian mereka yang masih menjadi panutan hingga saat ini.

Untuk menjadi setenar The Special tidaklah mudah, ada banyak rintangan sebelum mereka mengecap sukes. Kuncinya adalah keyakinan dan konsistensi juga kerja keras. Bekerja keras dalam menciptakan melodi-melodi menarik. Salah satu cara untuk menciptakan melodi bagus adalah dengan menyusun chord gitar yang indah. Beli gitar menjadi awal yang baik, sebelum anda menyusun sebuah melodi yang berkesan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Band Beraliran Two Tone di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :