Pengertian Musik Tradisional Dan Modern


Pengertian musik tradisional dan modern – Musik merupakan sebuah kesenian sekaligus sarana hiburan yang tercipta dari suara atau bunyi-bunyian yang disusun sedemikian rupa sehingga terkandung irama, harmonisasi, dan lagu yang enak didengar. Secara garis besar musik terbagi menjadi dua jenis yaitu musik tradisional dan musik modern keduanya memiliki perbedaan yang signifikan bisa kita kenali bedasarkan ciri instrumen yang digunakan serta lagu yang dibawakan.

Musik tradisional
Selain sebagai sarana hiburan musik juga bisa dijadikan sebagai cerminan kebudayaan yang berkembang diwilayah setempat , inilah definisi yang melekat pada pengertian musik tradisional, musik tradisional Indonesia lahir dan berkembang di daerah-daerah yang terdapat di Indonesia. Sebagai mana yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dan juga terdiri dari bermacam-macam suku maka tak heran jika seni kebudayaan Indonesia juga beragam termasuk seni musik yang tercipta sebagai sarana berekspresi bagi masyarakat.

Musik tradisional Indonesia bisa ketahui dari instrumen atau alat musik, lagu yang menggunakan bahasa khas suku tertentu, serta karakteristik yang amat khas mencirikan budaya yang ada di Indonesia, musik tradisional Indonesia ada juga yang tercipta berkat pengaruh musik luar yang dipadukan kemudian diadaptasikan agar pas dengan selera musik orang Indonesia  contohnya seperti musik keroncong yang dipengaruhi oleh musik dari Portugis.

Musik Modern
Musik Modern adalah musik yang sudah mendapat sentuhan-sentuhan teknologi baik dari segi instrumen maupun penyajian, musik modern selalu berkembang dan ada pembaharuan seiring berkembangnya zaman, musik modern bersifat universal serta menyeluruh sehingga semua orang bisa saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern tersebut.

artikel terkait : Indonesian Idol 2014 Akan Mulai Tayang Malam Ini
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Musik Tradisional Dan Modern di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :