Beragam Jenis Kayu Pada Gitar


Gitar adalah alat musik yang berbahan dasar kayu, kurang lebih 89% bagian gitar terbuat dari kayu. Jenis kayu yang digunakan untuk memproduksi gitar juga berakibat pada sound yang akan dihasilkan, di dunia ini ada beragam jenis kayu yang dihasilkan alam, kayu yang berasal dari tempat yang panas serta bertekstur kering memiliki sound yang cenderung crunch dan tone yang jelas sementara kayu yang asalnya dari tempat yang lembab dan berair akan menghasilkan tone yang agak berat.

Umumnya ada 6 jenis kayu yang sering digunakan untuk memproduksi gitar dari jenis-jenis kayu inilah akan disesuaikan dan ditempatkan dibeberapa bagian gitar sebab tidak semua jenis kayu cocok digunakan untuk seluruh bagian gitar.
alder
Alder (Alnus rubra)
Kayu jenis ini sudah cukup populer dikalangan pecinta gitar ber-sound jelas. Kayu Alder memiliki bobot yang ringan, tone yang mid namun cenderung bright, sangat cocok digunakan untuk bagian body maupun top tetapi tidak disarankan untuk dipasang pada bagian neck karena dikhawatirkan terjadi over presisi akibat tidak kuat menahan senar.
Karena kayu Alder memiliki corak yang indah maka banyak pula gitaris yang menginginkan clear atau candy pada finishing atau penyelesaian akhir dalam membuat gitar agar terlihat natural.

Ash
Ash (Fraxinus Americana)
Ash memiliki bobot yang sedikit lebih berat dibanding  Alder meski demikian Ash masih tergolong sebagai kayu  yang ringan, ash juga memiliki tone yang cenderung bright namun seratnya sedikit kasar, di Indonesia sendiri ada kayu yang persis dengan ash yaitu kayu sungkai, perbedaannya hanya pada jarak serat yang lebih lebar serta tekstur yang lebih kasar.
Basswood

Basswood (Tilia American)
Serat yang samar serta warna yang terang merupakan ciri yang melekat pada kayu jenis Basswood, karakter kayu Basswood ini menghasilkan tone yang mid dan cenderung warm, karena jenisnya yang soft kayu ini rentan terhadap tekanan.
Mahogany

Mahogany (Khaya Ivorensis)
Kayu ini juga termasuk jenis kayu yang populer dengan tekstur yang tegas dan kuat menghasilkan karakter sound yang warm serta sustain yang panjang sangat cocok digunakan untuk body, top ataupun neck, namun kayu ini tidak cocok digunakan sebagai fingerboard karena pori-porinya yang lebar akan menimbulkan kesan kotor.

Quilted Maple
Flamed Maple
Maple
Maple adalah kayu yang kuat dengan beragam corak yang dibedakan menjadi dua jenis yaitu Quilted Maple dan Flamed Maple, karena Maple termasuk jenis kayu yang kuat maka biasa digunakan untuk neck, fretboard, ataupun top. Karakter sound dari maple adalah bright.
Rosewood

Rosewood (Dalbergia Latifolia)
Merupakan jenis kayu yang tergolong memiliki bobot yang berat, kuat serta padat. Sehingga kayu sejenis Rosewood ini sering digunakan sebagai fretboard ataupun bridge untuk gitar akustik, tone yang warm dan juga memiliki sustain yang panjang.

artikel terkait : Musik jazz musik kalangan elite
Terima kasih telah membaca artikel tentang Beragam Jenis Kayu Pada Gitar di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

2 komentar