Cara yang Benar melakukan Pernapasan Perut Dalam Bernyanyi

Dalam bernyanyi, seseorang penyanyi dituntut untuk memiliki vokal yang kuat dan jelas untuk melantunkan sebuah lagu. Pada umumnya seorang penyanyi menjaga vokal yang kuat dan jelas tersebut dengan cara salah satunya adalah mengontrol pernapasan. Pernapasan itu sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu pernapasan bahu, pernapasan dada, dan pernapasan perut.Pernapasan perut dalam bernyanyi adalah faktor utama dalam menghasilkan suara yang bagus.  Dalam hal bernyanyi, pernapasan yang menjadi andalan seseorang adalah pernapasan perut. Karena pernapasan perut adalah cara yang terbaik untuk menghasilkan napas yang panjang, nyaman, ringan dan kejernihan suara yang lebih bermutu.

Pernapasan perut dalam bernyanyi memerlukan pemanasan awal untuk membiasakan otot-otot yang terdapat dalam wajah agar  relaks dan nyaman. Pertama-tama berdirilah dengan santai, badan tegak, sambil meletakkan ujung jempol kamu pada ujung tulang rusuk terbawah. Tariklah napas melalui hidung baik dengan perlahan maupun cepat dan rasakan jempol kamu terdorong sebagai reaksi mengembangnya tulang iga. Setelah itu keluarkan dalam bentuk vokal “a” atau “s” ataupun dengan hitungan, yang penting keluarkan napas secara perlahan bukan dengan cara mendorong sekuatnya. Lakukan hal ini minimal 25x setiap hari agar dapat membantumu untuk memperkuat otot – otot yang terdapat pada perut kamu menjadi lebih kuat.

Pada hakekatnya hal-hal diatas tersebut membutuhkan kekonsistenan untuk melatih dan membiasakannya setiap hari. Itu diperlukan untuk menjaga kekuatan pernapasan perut seorang penyanyi menjadi lebih kuat dan kokoh baik ketika sedang bernyanyi atau sedang melakukan aktifitas lain yang melibatkan kontraksi suara vokal. Dengan demikian vokal yang dihasilkan oleh penyanyi tersebut dapat terdengar merdu. Dalam membantu pernapasan perut untuk seorang penyanyi lebih baik lagi, Yamaha Musik Indonesia adalah sarana yang sangat baik dan dapat dipercaya untuk membantu seorang penyanyi untuk mengembangkan kemampuannya dalam bernyanyi. Tak Cuma dalam melatih pernasapan perut dalam bernyanyi tetapi juga banyak teknik lain yang tentunya akan diajarkan sehingga dapat melatih suara kita.


http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/vocal/

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara yang Benar melakukan Pernapasan Perut Dalam Bernyanyi di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :