Teknik Pukulan Drum

Apakah Anda ingin bermain drum? Untuk memainkan alat musik satu ini tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Terdapat beberapa teknik pukulan drum yang harus Anda pelajari terlebih dahulu untuk dapat menciptakan alunan bunyi dari alat satu ini. Untuk itu artikel ini mencoba untuk membahas mengenai teknik pukulan drum. Apa saja teknik tersebut?

1. Pelajari cara memegang stik dengan benar
Cara memegang stik tentunya hal yang sangat mendasar dan penting dalam teknik pukulan drum. Ada dua macam cara memegang stik, yang pertama adalah match grip (lurus) dan yang kedua adalah tradisional grip (menyamping)

2. Pahami ketukan untuk mulai memukul drum dengan tepat.
Dalam mempelajari teknik pukulan drum, terdapat dua keterangan yang biasa digunakan yaitu R = tangan kanan dan L = tangan kiri. Berikut beberapa ketukan dalam bermain drum :

Single stroke
Gunakan ujung stik drum untuk memukul snare drum pada ketukan ini. Single stroke ini digunakan untuk melatih pergelangan tangan agar terbiasa dalam bermain drum. Ketukan ini dilakukan dengan mengangkat ujung stik setinggi bahu Anda. Lakukan ketukan single stroke dengan gerakan tangan kanan dan kiri secara bergantian. Single stroke digambarkan seperti berikut “RL RL RL RL” R untuk tangan kanan dan L untuk tangan kiri.

Double stroke
Pada ketukan ini dibutuhkan kecepatan dan kelenturan tangan Anda dalam memukul drum. Bila Anda sudah menguasai gerakan single stroke, maka untuk ketukan double stroke tidaklah terlalu sulit. Gambaran double stroke adalah “RR LL” R untuk tangan kanan dan L untuk tangan kiri.

Triple stroke
Ketukan satu ini juga membutuhkan gerakan yang cepat. Cara melakukannya adalah ketuk tangan kanan dua kali lalu ketuk dengan tangan kiri tiga kali secara bergantian (RRR LLL RRR LLL)

Para diddle
Cara melakukan ketukan cukup sulit. Digambarkan seperti ini “RLRRLRLL” R untuk tangan kanan dan L untuk tangan kiri.

Para diddle-diddle
Cara melakukan ketukan ini adalah “RLRRLL” R untuk tangan kanan dan L untuk tangan kiri

Triplet/rough
Cara melakukan ketukan ini adalah “RRLRRL atau LLRLLR” R untuk tangan kanan dan L untuk tangan kiri.

Apabila telah memahami ketukan diatas maka Anda dapat membuat pukulan drum yang lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan pukulan dengan ketukan pada cymbal drum. Untuk Anda yang tertarik belajar drum Anda dapat bergabung dengan Yamaha Musik Indonesia yang menyediakan jasa belajar drum. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/drums/
Terima kasih telah membaca artikel tentang Teknik Pukulan Drum di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :