Peran bassist dalam sebuah band

Menjadi gitaris dan bassist mungkin menjadi idaman semua musisi pemula, karena dibanding pemegang instrumen lainnya seperti, pianis, keyboardist ataupun drummer gitaris dan bassist adalah pemegang instrumen yang paling banyak memiliki kebebasan dalam bergerak. Kita bisa berdiri dibelakang vokali, ditepi panggung bahkan berinteraksi dengan penonton layaknya vokalis.

Namun gitaris khususnya bassist seringkali dituduh sebagai anggota paling kriminal diabaikan dan kurang dihargai hampir setiap band. Namun, tampaknya ada bukti ilmiah baru yang memperlihatkan bassists sebenarnya salah satu anggota paling penting dari band. Ternyata ada alasan neurologis dan struktural yang sangat kuat yang membuat musik membutuhkan bass.

Tahun lalu, peneliti dari McMaster University di Hamilton, Kanada, menemukan bahwa kehadiran bass sangat penting untuk mengisi latar belakang lagu, memberi makna lebih terhadap sebuah lagu sehingga otak manusia dapat mengingat lagu dengan jauh lebih baik. Dalam penelitian ini juga dibuktikan bahwa pendengar lebih mampu melihat sebuah kesalahan atau ketidakcocokan nada ketika lagu tersebut dimainkan dengan bass.

Ini artinya secara teknis bass adalah instrumen yang paling mampu memperlihatkan teknik dari sebuah lagu yang sesungguhnya. Bassist juga memiliki peran penting dalam membangun arah harmonik dan melodi musik. Penelitian lain yang dilakukan Universitas Northwestern, telah menemukan bahwa suara bass lebih efektif untuk memberikan efek menginspirasi dan memainkan perasaan penonton.

Artinya bass bisa kita gunakan untuk memanipulasi perasaan penonton. karena suara bass bisa mendominasi keseluruhan lagu. Tunggu apalagi, beli gitar bass dan berlatihlah untuk menjadi bassist yang berpengaruh, mampu menciptakan nyawa sebuah band dan dikenang sepanjang masa.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Peran bassist dalam sebuah band di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :