Apa itu teori musik?

Kebanyakan orang cenderung melihat teori musik sebagai sesuatu yang terpisah dari musik, sikap bawah sadar mereka memperlihatkan ketidakmampuan untuk mengidentifikasi harmoni yang justru menjadi sesuatu yang penting dalam kegiatan bermusik. Orang yang tidak menguasai teori musik bisa dibilang sebagai musisi gagal, dan sayangnya sebagain besar melakukan ini. Tak herana jika banyak musisi pemula bermain notes tanpa pemahaman.

Hal ini akan sangat membatasi kemampuan mereka untuk belajarmusik dan menafsirkannya. Sebelum menjawab mengapa hal tersebut bisa terjadi terlebih dulu kita harus memahami apa itu teori musik? Teori musik adalah bagaimana musik Terdiri, secara harfiah. Ini bagaimana musik disatukan, dan memahami keputusan sang komposer. Teori musik membantu menempatkan kita ke dalam pikiran komposer dan mendorong kita untuk bermain musik dengan lebih baik.

Teori analitis mungkin menjadi materi yang paling penting untuk dipelajari, namun tidak akan berguna jiga tidak diterapkan melalui praktik. Nah karena itu pembahasan teori musik tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus sembari diaplikasikan dengan instrumen. Piano adalah instrumen Paling Penting untuk belajar teori musik karena menawarkan polifoni (beberapa suara dimainkan bersamaan) dan dinamika (lembut, keras, dan segala sesuatu di antara dan di luar).

Sangat mudah untuk belajar mengasosiasikan akord dan progresi akord dengan tuts piano. Belajar teori musik menggunakan piano jauh lebih efektif dari sekedar menganalisa nilai tertulis dan label akord. Cobalah beli keyboard sebagai permulaan belajar dan cari buku teori piano yang terpercaya. Setelah kalian belajar mengaplikasi teori kedalam praktik maka masalah teori musik tak akan lagi menjadi beban, sebaliknya tanpa teori musik kalian tidak akan bisa memainkan keyboard yang sudah kalian miliki itu.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Apa itu teori musik? di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :