Alasan Mengapa Telinga Keyboardist Lebih Bagus Dibanding Musisi Lain

Ketika kalian bermain dalam sebuah band dan terjeba pada beberapa akord atau tersesat ditengah lagu yang sedang dimainkan, sementara diri sendiri juga bingung harus bagaimana lantas siapa yang akan kalian mintai pertolongan? drummer? mungkin mereka tidak akan melihat ekspresi kebingungan kalian karena aktifitasnya dengan cymbal juga sudah padat, vokalis? Beberapa vokalis memiliki pemahaman yang baik tentang harmoni, namun tidak banyak yang tahu tentang akord.


Gitaris atau bassist? bahkan keduanya masih kerap melihat drummer untuk bisa menjaga tempo permainan. Jika begitu siapakah yang bisa menjadi andalah ketika kalian terjebak ditengah lagu? mereka adalah keyboardist. Pemain keyboard biasanya adalah orang yang tahu tentang harmoni dengan tepat. Apa alasan keyboardist begitu peka terhadap harmoni? itu karena mereka memiliki telinga terbaik, pendengaran mereka adalah yang terbaik dibanding musisi lain.

Telinga keyboardist begitu terlatih karena beberapa pelajaran dasarnya diisi dengan pelajar musik instrumental. Bagaimana untuk duduk di depan piano, bagaimana sudut terbaik untuk bermain dan bagaimana posisi yang bagus untuk memencet tombol serta berapa banyak kekuatan yang harus digunakan untuk bisa menghasilkan suara yang baik. Kemudian kalian mulai belajar notes dan penjarian yakni bagaimana cara menggunakan tangan kanan dan kiri dengan benar.

Rentetan proses inilah yang membuat keyboardist memiliki pendengaran bagus dan lebih unggul dibanding musisi lainnya. Dan kenyataan bahwa pemain keyboard telah melakukan kebiasaan yang sudah ada sejak berabad-abad silam ini lah yang membuatnya begitu istimewa, rahasia keunggulan keyboardist adalah pelatihan dan praktek. Seorang pemain keyboard yang baik mungkin menghabiskan 5 tahun, atau 10 tahun, atau lebih untuk belajar alat musiknya.

Dan untuk sebagian besar waktu dihabiskan berlatih menggunakan dua tangan. Jadi dia selalu mendengar akord serta berurusan dengan melodi. Proses yang panjang itu membuat telinganya terbiasa mendengar akord, memilah jenisnya seperti kita membedakan warna. Jika kalian ingin memiliki kemampuan serupa beli keyboard dan pelajari dengan penuh kesabaran karena untuk menaklukan instrumen ini kalian membutuhkan waktu yang sangat panjang.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Alasan Mengapa Telinga Keyboardist Lebih Bagus Dibanding Musisi Lain di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :