Desain Kamar Mandi Anak yang Sehat

Kamar mandi untuk anak sebenarnya tak diharuskan ada karena untuk keperluan mandi dan lainnya anak Anda bisa menggunakan kamar mandi orang dewasa, namun ada beberapa orang tua yang menyediakan privasi khusus untuk sang anak, memang tidak ada salahnya namun harus memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan kamar mandi karena desain kamar mandi anak tentu berbeda dengan kamar mandi orang dewasa.




Untuk dapat memenuhi kriteria yang terbilang cukup untuk 2 hal tersebut ada beberapa faktor yang harus terpenuhi seperti berikut :

Pemilihan lantai keramik


Anak-anak selalu ingin bergerak aktif tak terkecuali saat berada di kamar mandi, untuk mencegah mereka terjatuh karena permukaan lantai yang licin sebaiknya pilih jenis keramik yang memiliki tekstur kasar, untuk pemilihan warna pilihlah warna yang cerah agar terlihat menarik, atau bisa juga menanyakan langsung pada anak Anda motif apa yang ia gemari untuk sebuah lantai kamar mandi.

Instalasi Listrik

Demi keamanan hindari pemasangan instalasi listrik yang mudah di jangkau anak-anak, jauhkan juga dari sumber air. Dan tidak dianjurkan untuk memasang pemanas air.

Tempat Penyimpanan

Tempat penyimpanan seperti rak atau lemari untuk meletakan alat-alat keperluan mandi sebaiknya jangan digabungkan dengan pembersih lantai ataupun pembersih toilet. Agar tetap pada pengawasan Anda pastikan lemari tempat penyimpanan pasta gigi, sabun dan shampo tetap terkunci supaya sang anak tidak bermain-main dengan benda tersebut.

Pemilihan Furniture dan Aksesoris

Jangan menggunakan furniture dan aksesoris yang terbuat dari bahan yang mudah pecah atau karatan seperti kaca ataupu plastik, gunakanlah stainnless steal untuk perangkat kamar mandi seperti handle pintu, gagang shower, ataupun kran air bisa Anda lihat disini yuta.co.id untuk refrensi.

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Pastikan kamar mandi si kecil tetap sehat dengan mendapatkan pencahayaan yang cukup serta sirkulasi udara yang berjalan lancar. Bisa dengan membuat ventilasi pada dinding bagian atas.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Desain Kamar Mandi Anak yang Sehat di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :