Area Terdapat Banyak Kuman Pada Dapur

Mungkin diantara kita tak ada yang mengira bahwa dapur yang kelihatan bersih dan tampak mengkilat berpotensi sebagai sarang sejuta bakteri maupun kuman. Bakteri dan kuman biasanya bersembunyi di area yang selalu kita dijangkau dalam melakukan aktifitas. Kuman sekaligus bakteri akan begitu mudahnya menyebar lewat sentuhan kulit dan juga melalui udara.

Akibat yang ditimbulkan akan berbahaya, Karena bakteri dan kuman ini bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Karena kuman dan bakteri ini tidak mudah kita ketahui dengan mata telanjang, sehingga kita kerap tidak menyadari sudut dapur yang mana yang dihinggapi kuman. Jika ingin dapur Anda tetap bersih dan terbebas dari kuman berbahaya, ketika Anda membersihkan dapur pastikan untuk tidak melewatkan kelima sudut dibawah ini.

1. Handle pada pintu lemari pendingin
Percaya atau tidak, bakteri dan mikroba yang biasanya terdapat pada daging sapi mentah, daging ayam, dan juga daging babi bisa kita temui pada handle lemari pendingin. Adalah Dr. Eric E. Schadt selaku kepala bidang genetika dan ilmu genom di Mount Sinai School of Medicine yang mengemukakan penelitian ini.

Mungkin kita akan langsung berfikiran, “Bagai mana bisa?”, Permasalahan ini tentunya tak lain merupakan kesalahan dari kita sendiri. Kita selalu mengambil daging mentah yang disimpan di lemari pendingin, lalu kita menyentuh handle tanpa sempat membersihkan tangan terlebih dahulu. Wajar saja jika banyak bakteri dan mikroba yang akhirnya berpindah dari daging lalu ke tangan, kemudian bakteri tersebut melekat dan berkembang pada pegangan lemari pendingin. Jalan keluarnya, setelah memegang daging cucilah tangan terlebih dahulu menggunakan sabun khusus sebelum memegang benda apapun.

2. Air kran
Air bersih yang keluar dari kran air sangat dibutuhkan dalam proses penyajian makanan. Akan tetapi, berhati-hatilah dengan tingkat kebersihannya. dikarenakan tak jarang air kran yang banyak mengandung kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini bisa saja masuk lewat sistem pipa atau penyaringan yang salah atau rusak dan mengakibatkan air kran menjadi tercemar. Air kran yang tercemar ini bisa kita ketahui dari perubahan warna (sedikit menguning) juga memiliki bau yang menyengat.

Memang benar beberapa bakteri maupun kuman bisa mati jika dipanaskan dalam proses memasak, tetapi sebagian bakteri masih bisa bertahan walau dipanaskan dalam suhu 100 derajat celsius sekalipun. Sementara, air kran yang biasa dipakai untuk mencuci peratan masak dan  peralatan yang sering digunakan untuk makan juga berbahaya, sebab kuman dan bakteri juga bisa menempel pada peralatan tersebut tanpa disadari.

3. Serbet / lap
Serbet atau lap adalah salah satu benda yang kita anggap ‘selalu bersih’. Sehingga, kita sering menggunakan serbet ataupun lap ini saat kita selesai menyentuh daging atau bahan makanan lain dan malas untuk membersihkan tangan. Kita menganggap bahwa dengan mengelap tangan kita pada serbet, maka tangan akan cepat menjadi bersih. sehabis cuci tangan pun kita sering mengelap kembali tangan kita pada serbet. Padahal, serbet yang basah yang kemudian menjadi lembab ini merupakan tempat yang paling disukai oleh kuman untuk berkembang biak.

4. Spons untuk mencuci
Sebagian besar pasti sudah mengetahuinya bahwa spons yang Anda gunakan setiap hari mengandung ribuan sampai jutaan kuman bersarang. Namun, masih banyak pula yang Menganggap bahwa spons ini merupakan benda yang ‘bersih’ dikarenakan setiap hari dicuci dan digunakan untuk mencuci peralatan makan.

5. Pipa saluran pembuangan
Pipa pembuangan adalah sudut terkotor pada dapur kita. Area pipa yang sempit sulit dijangkau, gelap, dan lembab adalah area subur bagi kuman, jamur, lumut, dan bakteri untuk berkembang biak. Patogen tersebut dapat menyebar sampai ke permukaan bak cuci piring dan menempel di alat masak / makan yang terletak diatasnya. Agar mikroba tersebut bisa hilang dan mati, siram air hangat secara teratur pipa pembuangan dan bak cuci piring. Bila perlu tambahkan cairan bleaching.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Area Terdapat Banyak Kuman Pada Dapur di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :