4 Alat Musik Sunda Yang Masih Sering Dimainkan

Salah satu suku di Indonesia yang sangat kreatif dalam bidang kesenian tradisional adalah suku sunda. Ini dapat dibuktikan dari banyaknya seni yang bermunculan di Jawa Barat. Bandung yang merupakan Ibu Kota Jawa Barat juga menjadi pusat dari kesenian Sunda. Begitu banyak alat musik tradisional Sunda yang masih lestari hingga kini dan sering dimainkan di berbagai tempat di Kota Bandung. Alat musik ini tidak mudah hilang dan terlupakan oleh kemajuan zaman serta masih dimainkan dalam berbagai pentas kesenian yang digelar dikota tersebut.

Berikut merupakan alat musik tradisional sunda yang masih eksis sampai sekarang :

1.Degung
Kita awali dengan Degung yang merupakan salah satu alat musik tradisional Sunda yang masih ada hingga saat ini. Degung bisa juga disebut dengan nama gamelan oleh Suku Jawa. tetapi nada dan cara memainkan degung berbeda dengan cara memainkan gamelan. Seperangkat degung terdiri dari macam-macam instrumen yaitu saron, demung, suling, jenglong, kendang, dan gong.

2.Kecapi
Alat musik tradisional sunda berikutnya adalah Kecapi, alat musik kecapi dimainkan dengan cara dipetik,  Alat ini berbentuk sebuah kotak kayu yang terdapat senar berjajar di atasnya. Kotak kayu ini berfungsi sebagai resonator dari Kecapi.

3.Suling
Alat musik tradisional Sunda yang lain adalah suling. Suling termasuk instrumen tiup. Suling sunda terbuat dari bambu dilubangi. Suling biasanya terdiri dari empat sampai enam lubang. Alat musik ini memang terlihat simple tetapi jika kita ingin memainkannya agak susah jika baru belajar diperlukan teknik pernafasan.

4.Angklung
Angklung adalah alat musik khas Sunda yang sudah sangat terkenal bahkan mendunia. Angklung terbuat dari bambu dan cara memainkannya pun terbilang unik yaitu dengan cara digerakkan ke samping. Nada angklung disesuaikan dengan ukurannya. Angklung umumnya dimainkan secara berkelompok masing-masing orang memegang nada yang berbeda-beda.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 4 Alat Musik Sunda Yang Masih Sering Dimainkan di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :