Ragam Musik Yang Ada Di Indonesia

Beragam musik yang ada Indonesia bisa dibedakan bedasarkan pengelompokannya yakni musik tradisi, musik keroncong, musik dangdut, musik perjuangan, dan yang terus mengalami perkembangan adalah musik pop.

Musik daerah atau tradisional
Jenis musik ini memiliki ciri yang terletak pada isi lagu dan instrumen (alat musik). Musik tradisi memiliki karakter yang khas, yaitu syair/lirik dan melod lagunya menggunakan bahasa dan gaya daerah masyarakat setempat. Pengertian musik yang lebih spesifik bagi musik tradisional adalah seni tradisi yang merupakan identitas bangsa, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. Musik jenis ini terdiri dari :

1. Instrumen perkusi, contoh : Gamelan, Talempong, Kulintang, Arumba dan Kendang.
2. Instrumen petik, contoh : Kecapi, Sasando dan Sampek.
3. Instrument gesek, contoh : Rebab dan Ohyan.
4. Instrument Tiup : Suling, Serunai, Saluang dan Serompet atau Tarompet.

Musik Keroncong
Ciri musik jenis ini terdapat pada harmoni musik dan improvisasi yang begitu. Pada umumnya tiap lagu mempunyai bentuk dan susunan yang sama. pada syairnya terdiri atas beberapa kalimat (umumnya 7 kalimat) yang diselingi dengan permainan alat musik pada tiap bar.

Musik Dangdut

musik ini memiliki yang ada pada pukulan alat musik tabla atau biasa kita sebut gendang (alat musik perkusi yang menghasilkan bunyi “ndut”) serta iramanya yang ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk mengerakkan anggota badannya untuk bergoyang mengikuti irama.

Musik Perjuangan

Memiliki ciri yang terletak pada syair- syairnya yang biasanya berisi ajakan untuk melakukan perjuangan, ajakan untuk rela berkorban demi tanah air, dan sebagainya. Irama musiknya cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak, seperti musik mars.

Musik Populer (pop)
Penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bas adalah ciri dari musik ini. Biasanya, para musisinya menambahkan sentuhan variasi gaya yang tidak monoton untuk menambah daya tarik dan penghayatan para penikmat musiknya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ragam Musik Yang Ada Di Indonesia di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :