Perbandingan Honda Mobilio Dengan Daihatsu Xenia

Pencarian informasi mengenai harga Honda mobilio beserta spesifikasinya mungkin menjadi hal yang tak luput dari mereka para pecinta mobil keluarga sebagai pertimbangan untuk pemenuh kebutuhan transportasi pribadi. Semenjak dimunculkanya Honda Mobilio tentu menambah ketatnya persaingan antara kendaraan keluarga sekelas low multi purpose vehicle atau bisa disingkat MPV.


Setiap tahun akan selalu ada hal baru dan juga peningkatan yang dimunculkan oleh masing-masing produsen mobil pada setiap produknya yang siap bersaing di industri otomotif mulai dari fitur keamanan, kenyaman, kualitas serta berbagai elemen pendukung agar mobil tersebut memiliki kesan yang baik seperti apa yang di ingin kan masyarakat sehingga menarik perhatian sebagian besar calon konsumen untuk membeli mobil tersebut.

Para konsumen akan dimanjakan dengan banyak pilihan mobil keluarga yang semakin beragam karena para produsen mobil dari brand-brand ternama di Indonesia seperti memiliki tuntutan besar agar terus berinovasi terhadap setiap produknya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terhadap mobil pribadi dalam menghadapi situasi dan kondisi dijalan tanpa menghilangkan ciri dan khasnya masing-masing.

Honda Mobilio mulai dipasarkan kepada publik pada tanggal 25 januari 2014 mobil ini memiliki berbagai pilihan warna yaitu lonized bronze metallic, crystal black pearl, taffeta white, dyno blue pearl, polished metal metallic, brilliant gold metallic dan alabaster silver metallic, dan jika Anda menginginkan warna pearl ataupun metallic konsumen harus menambah dana sebesar 1 juta. Untuk Anda yang ingin membeli atau kredit Honda mobilio harga Honda mobilio sendiri berbeda-beda tergantung tipenya, dibanderol dengan harga mulai dari 159 juta sampai 198 juta.

Jika kita membahas Honda mobilio yang merupakan pesaing baru untuk kendaraan low- MPV rasanya  tak cukup jika tak kita bandingkan dengan mobil dari tipe sejenis dengan merk yang berbeda salah satunya adalah produk unggulan Daihatsu dari tipe mobil keluarga Xenia yang diluncurkan pada tahun lalu sebagai produk improvement yang merupakaan  Minor Change dari Xenia generasi sebelumnya dengan penambahan berbagai fitur keselamatan serta penyegaran di sisi interior sebagai mana permintaan konsumen yang diperoleh dari hasil survey untuk meningkatkan kualitas sehingga xenia tetap menjadi sahabat keluarga yang semakin diminati. Perbandingan xenia vs mobilio ini di harapkan bisa menjadi tolak ukur konsumen dalam menentukan pilihan sebagai solusi kenyamanan berkendara bersama keluarga.

Perbandingan dari segi eksterior xenia vs mobilio

Keunggulan pertama dari Xenia adalah memiliki penggerak roda belakang yang mana amat sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia yang memiliki banyak tanjakan, penggerak roda belakang akan membuat peforma lebih baik saat dibawa berpergian ataupun mudik dengan keluarga dengan kondisi penumpang yang penuh namun tetap nyaman melewati tanjakan dan stop and go Xenia lebih unggul ketika jalanan menanjak ataupun macet  namun pada Honda Mobilio fenomena ban spin pasti terjadi dan dapat menyebabkan plat kopling menjadi cepat habis.

Ground Clerence rendah seperti  Honda mobilio tidaklah sesuai dengan konsep MPV di Indonesia tapi Xenia justru memiliki ketinggan yang lebih dibandingkan Honda Mobilio sehingga Xenia mampu melewati dengan baik genangan air setinggi 50 cm yang terjadi akibat banjir tanpa masuknya air kedalam kabin.
Dari segi desain eksterior keduanya dikatakan sama-sama memiliki desain yang manis, Honda cenderung mengadopsi desain yang sporty dan modern sedangkan Xenia hadir dengan konsep aerodinamis pada bagian depan serta lekukan-lekukan dinamis terlihat simple namun elegan. Di bagian samping, terdapat fitur tambahan Window Chrome List sehingga membuat  tampilan Xenia semakin mewah dibanding mobil lain di kelasnya.

Jika dari segi desain yang disayangkan adalah Honda Mobilio yang kurang proposional jika dilihat dari samping.

Sebenarnya Honda Mobilio adalah Honda brio yang dipanjangkan dan ditambah baris ketiga, Honda Mobilio pada desain eksteriornya dianggap memiliki kelemahan dengan body link yang futuristic amat susah udah perbaikan karena panel yang menyatu.

Perbandingan dari segi interior xenia vs mobilio

Desain Interior Honda Mobilio tidaklah sekeren Xenia, Kabin New Xenia didesain lebih fresh dan stylish dengan  beberapa perubahan pada bagian Dashboard yaitu dengan penambahan beberapa ornamen silver pada  Center Cluster dan Register AC. Desain Stir terbaru lebih sporty dengan penambahan silver painted ornamen pada bagian kiri dan kanan stir.

Namun jika kita memasuki interior Honda Mobilio tidaklah jauh berbeda dengan memasuki kabin Honda Brio Satya LCGC yang terlihat tak begitu menarik desainya sangat sederhana dan tak menunjukan kesan mewah, mulai dari tombol AC, head unit OEM dll, tetapi masih tertolong oleh door trim yang membuat penampilan interior Mobilio sedikit terangkat tapi tetaplah tidak sekeren Xenia.

Kursi Xenia memiliki desain lebih mewah dan tebal dengan Material High Quality Fabric sehingga kursi akan lebih nyaman bagi pengemudi dan penumpang, meski desain kursi lebih tebal, namun ruang kaki dan ruang kepala tetap lega, berbeda dengan Honda Mobilio dengan ketebalan kursi yang tipis agar menimbulkan kesan sporty tapi belum tentu nyaman untuk di duduki, metode kursi belakang Honda Mobilio masih konvensional  tidak bisa dilipat rata lantai berbeda dengan Xenia yang akses masuk ke kursi baris ketiga sangat mudah karena kursi Xenia yang dapat dilipat secara full.

Peforma Mesin 

Xenia hadir dengan mesin yang mempunyai kapasitas silinder 1000cc dan 1300cc sedangkan Honda mobilio memiliki mesin 1.500 cc dari perbandingan angka ini jelas Honda Mobilio lebih bertenaga namun meski kapasitas CC Xenia  lebih kecil dibanding Mobilio tetapi peforma Xenia tetap lebih bagus karena berat total Xenia lebih ringan dibandingkan Mobilio, selain itu selama 9 tahun peforma mesin xenia sudah dipercaya oleh ribuan keluarga Indonesia disertai dengan jaringan service dan spare parts yang luas di Indonesia, akselerasi tetap responsif dan juga gesit.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perbandingan Honda Mobilio Dengan Daihatsu Xenia di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :