Mengenal Inlay Pada Gitar


Pernahkah Anda melihat ukiran, gambar, pola atau pun motif indah bewarna kontras yang terdapat pada alat musik gitar, itulah yang dinamakan inlay yang merupakan teknik dekoratif untuk mempercantik gitar pada bagian tertentu.

Meski sebenarnya inlay bisa ditempatkan pada permukaan kayu gitar manapun  namun inlay paling sering kita temukan pada bagian freetboard dan headstock gitar, biasanya headstock gitar terdapat inlay yang bertuliskan merk atau logo gitar tersebut agar pemilik gitar bisa mengetahui siapa yang memproduksi gitar tersebut.

Fungsi dari inlay selain untuk estetika dan branding adalah sebagai penanda not freetboard untuk memudahkan para gitaris dalam memposisikan jari di atas freet, jika biasanya freetboard pada gitar klasik hanya ditandai dengan titik saja kita bisa menggunakan inlay untuk menambah nilai seni pada permukaan gitar.

Meterial untuk membuat inlay terbuat dari bahan plastik ataupun kayu, inlay bisa juga ditempatkan dibagian body atau mengelilingi sisi lubang gitar akustik. Tak jarang pula para gitaris terkenal saat meng-costum gitarnya menempatkan inlay logo bandnya atau namanya sendiri seperti Synyster Gates selaku gitaris band Avanged Sevenfold.

Contoh Inlay :
artikel terkait : Ingin belajar memetik gitar?
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengenal Inlay Pada Gitar di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :