Cara Mengganti Fret Gitar


Fret merupakan bagian penting pada alat musik gitar sebagai penentu tinggi rendahhnya nada saat kita memetik senar, oleh karena itu fret menjadi bagian yang harus diberikan perhatian khusus. Namun bagaimana jika fret sudah aus atau rusak sehingga tidak menghasilkan nada seperti yang kita inginkan? Tentu itu sudah masanya bagi fret untuk diganti dengan yang baru, untuk mengganti fret memang tidak mudah mungkin tips menganti fret dibawah ini dapat memudahkan permasalahan fret Anda.

Yang pertama dilakukan saat mengganti fret adalah melepas semua senar demi mempermudahkan pergantian fret, kemudian lepas semua fret yang masih menempel pada neck gitar, pergantian fret tidak bisa dilakukan dengan hanya mengganti 1 atau 2 batang fret saja melainkan harus semua ini dikarenakan materi fret original dengan fret pengganti belum tentu sama, lepaskan fret dengan menggunakan cutter atau obeng min kecil, lakukan dengan hati-hati agar tak merusak neck.

Setelah semua fret selesai dilepas pastikan neck gitar Anda dalam keadaan lurus, jika melengkung coba luruskan truss rot (besi yang didalam neck) dengan kunci L khusus.

Kemudian bersihkan lubang tempat menanam fret dan fret yang baru siap dipasang, sesuaikan dengan ukuran lebar neck dan panjang fret lalu tanamkan pada lubang freet, setelah semuanya selesai ketukan fret satu persatu agar fret tertanam lebih dalam.

ternyata Musik Klasik baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan klik untuk membaca artikel
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mengganti Fret Gitar di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :