Menyimak sejarah drum elektrik

Jika kamu tertarik dengan drum elektrik pastinya selalu ingin tahu segala hal tentang instrumen perkusi inikan? Dan sebagai drummer yang baik sudah seharusnya kamu mengetahui sejarah dari instrumen yang akan kamu mainkan. Drum elektrik saat pertama muncul pada dekade 1970-an dan kerap dikaitkan dengan Graeme Edge of the Moody Blues. Dia bekerja dengan Brian Groves dari Universitas Sussex untuk menciptkan kit drum dengan bantalan karet dan sensor yang merupakan cikal bakal primitif drum yang bisa dikontrol secara digital atau yang saat ini biasa disebut drum elektik.

Pada awal kemunculannya drum elektrik bentuknya sangat kompleks hingga tampak seperti spaghetti dan sangat sensitif. Sehingga selambat apapun para drummer memukul snare selalu terdengar luar biasa. Seiring dengan bergulirnya waktu drum elektrik terus mengalami perubahan dan perbaikan. Pada pertengahan 1970-an, Syndrum drum elektrik pertama didunia di komersialkan, tersedia dalam tiga konfigurasi yaitu single, twin dan quad. Drum ini kemudian dimainkan oleh drumer-drumer ternama seperti Keith Moon, Carmine Appice, Terry Bozzio, Jeff Porcaro, dan banyak lagi.

Salah satu lagu terkenal yang dimainkan dengan Syndrum adalah Let the Good Time Roll yang dibawakan oleh Cars pada 1978. Perusahaan Simons juga berperan dalam perkembangan drum elektrik dengan usaha mereka pada awala 1970-an dengan memproduksi drum set elektrik SDS-5 dengan bantalan hexagonal yang kemudian menjadi ciri khas era 80-an dan mulai digunakan oleh band-band rock. Perusahaan-perusahan lain terutama Yamaha dan Roland kemudian segera bergabung menciptakan drum elektrik model mereka sendiri. Disinilah cikal bakal lahirnya drum elektrik yang ada saat ini yang memiliki bantalan karet untuk memicu kecepatan yang sangat sensitif.

Nah itulah sejarah singkat terciptanya drum elektrik saat ini. Sudah puas kan dengan informasi ini? Kini saatnya kamu beli drum dan coba menjajal kemampuanmu menggebuk instrumen perkusi tersebut. Jangan hanya membaca mengenai sejarah dan teori bermainnya namun juga praktek langsung.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Menyimak sejarah drum elektrik di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :