Teknik Rimshot Dalam Memukul Drum

Ada banyak teknik dalam bermusik, ada banyak teori yang bisa kita pelajari dalam dunia musik, mulai dari pengenalan alat musik yang beragam, hingga teknik memainkannya yang jelas berbeda satu sama lain. Setelah beberapa waktu lalu kita membahas mengenai cara bermain drum bagi pemula yang beru beli drum, melalui teknik pemegangan stick drum yang benar dengan teknik open dan close hand.

Maka sekarang mari kita ulas bagaimana cara memukulkan stick drum itu ke drum agar menghasilkan suara yang enak untuk didengarkan. Teknik memukul pada drum ada beberapa jenis, antara lain adalah Rimclick dan Rimshot. Nah, untuk mengetahui seperti apa teknik itu dilakukan, maka kamu harus paham betul dengan bagian-bagian drum yang akan kamu mainkan ya. Jadi pas kamu sudah beli drum dan beli Home Theater, kamu pelajari lah bagian-bagian drum itu.

Rimshot, teknik ini merupakan cara memukul snare drum dengan mengenai rim drum, sehingga menghasilkan bunyi yang nyaring. Tapi ingat, karena rim drum juga ada yang terbuat dari besi dan kayu, maka kamu harus jeli dalam melakukannya, tidak bisa diperlakukan sama. Sedangkan untuk lagu-lagu yang bisa dimainkan, teknik memukul rimshot itu tidak bisa selalu diterapkan di semua lagu, karena ada lagu yang memerlukan suara tajam yang dihasilkan dari pukulan rim dan ada yang tidak.

Semisalnya saja lagu beraliran swing jazz, itu tidak akan masuk jika kita menabuh drum dengan teknik rimshot. Berbeda dengan musik pop atau rock yang cocok menggunakan teknik ini, karena diperlukan suara-suara tajam untuk memperkuat musiknya. Jadi meski teknik ini adalah paling penting, namun tidak semua lagu bisa dimainkan dengan teknik rimshot, saran saya adalah kita dapat mengenali lagu yang akan kita mainkan, agar musik yang dimainkan juga sesuai dan pas ditelinga.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Teknik Rimshot Dalam Memukul Drum di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :