Dapatkah belajar piano menggunakan keyboard midi?

Ketika kalian tertarik pada piano tentunya kalian harus beli piano untuk belajar memainkannya. Tapi semua orang juga tahu harga piano begitu mahal sehingga cukup sulit bagi kalian yang memiliki budget terbatas bisa memiliknya, salah satu cara untuk menyiasati itu adalah dengan membeli keyboard. Karena menurut sejumlah ahli kualitas keyboard digital sudah bisa memberikan nuansa piano apalagi jika memainkannya menggunakan midi. Tapi benarkan kenyataannya demikian?

Hal berbeda dilontarkan oleh beberapa orang yang pernah berlatih piano menggunakan keyboard midi. Mereka beranggapan bahwa keyboard midi tal lain hanya sebagai simulator. Mereka menerangkan bahwa simulator tetaplah berbeda dengan aslinya. Controler midi dan berbagai tambahan perangkat pc lainnya justru sangat menganggu dan bahwa mengurangi kualitas permainan dan secara fisik kalian tidak akan bisa berlatih merasakan kehadiran piano dalam sebuah ruangan.

Kondisi ini sama artinya dengan kalian belajar mengemudi di simulator dan tidak pernah masuk mobil. Apakah kalian menyebut diri sebagai pengemudi? Ada banyak aspek fisik bermain piano yang tidak mungkin kalian dapatkan dari keyboard. Piano dibuat dari kayu dan berbagai bahan tradisional lainnya sementara keyboard dibuat dari besi-besi dan segala hal yang berbau moderen.

Respon yang kalian terima ketika menyentuh nuts keyboard juga akan sangat berbeda dibanding dengan ketika kalian memainkan nuts piano. Kalian akan merasa sangat sulit untuk mereproduksi suara halus yang sama bahkan dengan keyboard digital yang terbaik. Dari sudut pandang teori musik pun keyboard dengan midi terbaik tidak akan mampu memainkan berbagai teori musik yang hanya bisa dimainkan dengan piano tradisional.

Pada akhirnya keberadaan piano tradisional memang tidak bisa digantikan dengan keyboard semodern apapun dengan midi sebagus apapun. Jika kalian berniat menjadi pianist profesional maka memiliki piano menjadi suatu keharusan, jika saat ini kalian belum bisa membelinya menambunglah, suatu saat nanti kalian pasti bisa mendapatkan piano terbaik yang diinginkan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Dapatkah belajar piano menggunakan keyboard midi? di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :