Cara Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Baret pada kaca mobil selain tak enak dilihat juga akan mengganggu pandangan saat kamu mengendarai mobil, meski kaca mobil masih akan tetap berfungsi dengan baik sebagai pelindung diri dari terpaan angin dan gangguan benda asing yang kita temui di jalan namun bagi para pengemudi, menghilangkan baret pada kaca mobil adalah masalah yang harus segera diatasi.

Bagi kamu yang tidak mau repot-repot, kamu bisa menyerahkann urusan ini kepada pihak bengkel, kamu tinggal duduk manis dan semua kelar, tetapi jika kamu sedang tak ingin mengeluarkan uang untuk membayar jasa, kamu dapat mencobanya sendiri asal kamu memiliki waktu yang lebih untuk menghilangkan baret pada kaca mobil.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan :

  • Cerium oxide (bubuk poles kaca) bisa ditemukan dengan mudah ditoko perlengkapan poles acms.
  • Amplas halus
  • Polish pad berbahan Felt
  • Perkakas pemolesan seperti bor beserta backing berukuran 3 atau 4 inchi
  • Penyemprot air
  • Lap chaomois
  • Selotip
  • Koran bekas/kertas

Berikut langkah-langkahnya :

1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan kaca dengan memakai air dan lap. lalu periksa area yang baret memakai kuku jari kamu. kalau baret tersebut ternyata cukup dalam, kamu akan bisa merasakan kuku kamu tersangkut. Ambilah amplas halus yang sudah disediakan tadi, lalu amplas area yang baret tersebut dengan lembut memotong arah baret supaya kaca tidak rusak.

2. Bersihkan lagi bagian yang telah diamplas tadi memakai air dan lap. lalu selotip bagian pinggir kaca untuk menjaga body mobil. Kalau perlu lindungi body memakai koran atau kertas pelindung. Noda cairan poles yang sudah kering bakal susah dibersihkan dan bahkan dapat merusak cat pada body mobil.

3. Cairkan bubuk poles kaca cerium oxide Memakai air bersih secukupnya sampai mendapatkan konsistensi menengah, tidak terlalu cair ataupun padat. Kalau sampai terlalu cair, sifat abrasif pada bubuk itu menjadi rendah dikhawatirkan akan membuat proses pemolesan menjadi lama.

4. Pasangkan pada bor backing pad yang telah terpasang polish. Kalau kamu tak punya bor, bisa juga  memakai tangan. Lalu olesi kaca dan pad menggunakan cairan cerium oxide, Selanjutnya mulailah pemoles dengan gerakan melingkar.

5. Tidak disarankan untuk memoles pada satu bagian terlalu lama, lakukan dengan gerakan perlahan menyeluruh bagian kaca. Pada bagian yang baret, berikan sedikit tekanan untuk menghilangkan bekas buram akibat diamplas tadi. ketika memoles semprotkan air supaya kaca tidak menjadi bergelombang ataupun retak dikarenakan panas dari gesekan.

6. Poleslah kaca sampai baret memudar, tambahkan cairan cerium oxide kalau dirasa telah habis. Setelah usai memoles, lap kaca memakai lap chamois supaya kaca tampil bersih serta berkilau.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :