Pengertian Musik Indie

Jika dirunut dari sejarahnya musik indie tidak memiliki pengertian yang begitu jelas. Karena yang disebut musik indie biasanya adalah musik yang membedakan antara mainstream dan bukan. Jadi musik indie adalah istilah untuk membedakan antara musik yang dimainkan oleh musisi profesional dengan musisi amatir.


Musik indie adalah gerakan bermusik yang berbasis dari apa yang kita miliki. Bedanya dengan musik mainstream, dimusik indie kita dituntut untuk mandiri, mulai dari merekam, mendistribusikan dan promosi dengan uang sendiri.

Mainstream adalah arus utama, tempat di mana band-band yang bernaung di bawah label besar, sebuah industri yang mapan. Band-band tersebut mendominasi promosi di seluruh media massa, mulai dari media cetak, media elektronik hingga multimedia. Perbedaan antara musik indie dan mainstream hanya terletak kepada nilai investasi yang dikeluarkan perusahaan rekaman.

Untuk masalah tekhnik musik dan gaya bermain, band-band indie justru kadang tampil lebih bagus ketimbang band mainstream. Masalahnya, hanyalah pada uang. Karena industri musik berbasis kepada profit, jadi label menanamkan modal yang besar untuk mencari keuntungan yang lebih besar, yaitu pada nilai investasinya.

Jika anda seorang pemula yang bermimpi menciptakan sesuatu yang berbeda. Aliran musik indie menjadi media yang tepat untuk anda belajar. Jangan lupa ulik lebih dalam talenta anda dalam bermusik. Jika anda seorang gitaris, jangan takut untuk melakukan loncatan-loncatan nada yang tidak biasa. Sebelum bereksperimen dengan musik indie, beli gitar terlebih dulu untuk memuluskan proses belajar anda.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Musik Indie di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 komentar :

Kata (terminologi) Indi (Indie) yang membuat ketidak jelasan (rancu).....!

Balas