Alat Musik Tradisional dari Sumatra


Musik yang berasal dari Minangkabau berupa instrumen dan lagu-lagu sangat kental dengan rasa melankolisnya, ini berkaitan erat antara struktur masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan, hubungan kekeluargaan, dan kecintaan akan kampung halaman yang begitu tinggi dengan ditunjang kebiasaan pergi merantau.

Dan berikut merupakan alat musik tradisional kepunyaan masyarakat sumatra barat yang khas :
Saluang
Alat musik tiup yang terbuat dari bambu tipis atau talang, masyarakat minang percaya bahwa talang yang dipergunakan untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut disungai merupakan bahan yang paling bagus untuk membuat Saluang. Saluang memiliki panjang kira-kira 40-60 dengan diameter 3-4 cm.
Talempong
Memiliki bentuk yang hampir sama dengan gamelan jawa, berbahan dasar kuningan namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu namun talempong dari kuninganlah yang paling sering dipergunakan pada saat ini.
Gandang tabuik
Bentuknya seperti tabung besar yang memiliki dimensi yang sama pada setiap alasnya atas dan bawah, terbuat dari kayu, rotan, dan bambu dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stick khusus, dimainkan untuk musik pergelaran khusus masyarakat kota minang.

baca juga : Jopie item gitaris senior Indonesia
Terima kasih telah membaca artikel tentang Alat Musik Tradisional dari Sumatra di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :