Tips Mengeluarkan Kreatifitas Dalam Menulis Lagu

Menulis lagu membutuhkan kreatifitas yang lebih banyak dibanding ketika kalian memainkan instrumen. Sebab ketika menulis lagu kalian dituntut untuk mengimajinasikan nada dan irama yang kemungkinan terbentuk. Menilik proses rumit pembentukan kreatifitas tak heran jika selembar kertas berisi lagu bisa dihargai hingga ratusan juta rupiah. Lembaran kertas ini bisa menghasilkan jutaan dollar atau bahkan mengubur nama kalian karena kegagalan.

Tapi semua musisi pastinya mengharapkan keberhasilan, tidak ada musisi yang sudah lelah-lelah berlatih atau menghabiskan uangnya untuk beli drum, keyboard maupun gitar mau menerima kegagalan. Biarpun mereka mengaku tabah namun dalam lubuk hati terdalam kekecewaan akan selalu ada. Lalu adakah cara agar kita bisa melahirkan kreatifitas tinggi dalam menulis lagu? tentu ada,begini tipsnya:

a. Kreativitas kekanak-kanakan
Sebelum mulai menulis lagu, satu hal yang dapat kalian lakukan adalah masuk ke bingkai atau pikiran kekanak-kanakan. Ini akan mendorong kreativitas kalian. Jika sulit cobalah minta bantuan psikolog dan dapatkan rekomendasi game-game kekanak-kanakan yang membuat kreatifitasmu berkembang. Ketika pikiran terbiasa berpikir kreatif maka tak sulit lagi untuk menciptakan musik-musik unik dan beda.

b. Membaca, membaca dan membaca
Baca buku tentang subjek lagu dan bacalah buku-buku yang bagus tentang musik. Ada buku-buku lagu sangat bagus di luar sana yang akan memberikan semua tips penulisan lagu yang kalian cari. Dan saat ini semuanya tersedia gratis secara online. Jika ingin melihat suasana yang berbeda kalian bisa pergi ke perpustakaan atau toko musik, disana ada banyak sumber bacaan yang berhubungan dengan penulisan lagu

c. Kenali tipe audiens
Tanyakan pada diri untuk siapa kalian menulis lagu? Sangat penting untuk memahami dan mengidentifikasi audiens sendiri. Menulis dengan kata-kata yang mudah dimengerti oleh audiens akan membuat lagu kalian lebih terknal dan dihargai. Usahakan ciptakan lirik yang bersahabat dengan tempo, irama dan segala sesuatunya berhubungan dengan audiens

e. Gunakan frasa menari
Yang satu ini hampir selalu sering diperbincangkan tetapi sering diabaikan. Ada ungkapan tertentu yang digunakan orang setiap hari. Mengapa tidak menggunakannya dalam lagu-lagu kalian? Dengan menggunakan kata-kata ini, orang akan teringat lagu kalian setiap kali mereka menggunakannya. Menulis lirik ada baiknya serupa cara orang berbicara.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Mengeluarkan Kreatifitas Dalam Menulis Lagu di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :