Musik Tradisional Kini Bukan Lagi Primadona

Dari masa ke masa musik selalu mengalami perkembangan baik dalam hal penyajian, genre, maupun alat musik instrumenya, ini di picu oleh kebutuhan masyarakat yang menjadikan musik sebagai salah satu kebudayaan yang tak terlepaskan dari kehidupan kita sehari-hari sehingga masyarakat menginginkan hal baru yang terkesan berbeda dari nuansa musik yang lalu untuk diperdengarkan.

Dari situ muncul pemikiran para musisi untuk mengembangkan lagi suatu karya musik yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan mode yang sedang trend, saat ini trend musik di dunia sedang di dominasi oleh musik barat maka tak heran jika kita melihat suatu pementasan musik yang di isi oleh musisi dengan gaya westrenisasi.

Memang tidak ada yang salah dengan trend musik saat ini tetapi yang amat disayangkan adalah keberadaan musik tradisional yang sudah tersingkirkan dan tak lagi menjadi primadona bagi industri musik tanah air.

Pengaruh arus deras globalisasi memang begitu luar biasa, dengan menggunakan media komunikasi yang semakin canggih seolah menghancurkan batas antar negara dalam menyebarkan informasi yang bisa diterima dengan cepat hanya dalam hitungan detik, semua informasi bisa kita terima dengan baik termasuk perkembangan musik di berbagai belahan dunia ini salah satu sebab yang menjadikan banyak musisi indonesia yang memakai genre ala barat dalam penyajian musiknya.

3 faktor penting yang membuat anak muda Indonesia cenderung memilih musik barat dan meninggalkan musik tradisional :

Kemasan musik tradisional
Memang tak bisa kita pungkiri bahwa kemasan yang terkesan kaku dan tidak peka terhadap kemajuan zaman akan sulit mendapat perhatian lebih dari konsumen, ibaratnya seperti memasarkan sebuah produk, kemasan merupakan hal yang tak luput dari penilaian konsumen.

Dukungan pemerintah
Arus modernisasi bisa diredam dengan peran pemerintah yang berani membatasi konten media, selain itu dukungan pemerintah terhadap musisi tanah air dalam mempromosikan musik tradisional baik di kancah nasional maupun internasional juga akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Tetapi jika dua hal tersebut tidak terealisasikan maka budaya ‘kebarat-baratan’ belum bisa teratasi.

Faktor lingkungan
Tak perlu jauh-jauh untuk menjelaskan mengenai ini, bisa Anda lihat dari lingkungan terdekat mulai dari teman, kerabat atau orang tua adakah diantara mereka yang mengetahui detailnya mengenai musik tradisional atau adakah diantara mereka yang hobi dibidang musik ikut melestarikan budaya musik tanah air ? kenyataanya justru lebih banyak yang tertarik pada budaya musik luar seperti band, boyband dll.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Musik Tradisional Kini Bukan Lagi Primadona di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :