Penyakit Jantung Koroner Kini Cenderung Menyerang Anak Muda

Perlu kita ketahui bahwa PJK (penyakit jantung koroner) saat ini cenderung rentan menyerang orang-orang muda di usia produktif, begitu juga untuk penyakit kardiovaskuler lainnya seperti stroke otak, hipertensi, dan penyakit pembuluh darah perifer.



Apa itu Penyakit Jantung Koroner?

PJK atau Penyakit jantung koroner adalah penyakit menyempitnya atau tersumbatnya pembulu darah arteri koroner yaitu pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah yang mebawa sari makanan dan oksigen yang amat dibutuhkan otot jantung agar mampu memompa dari keseluruh tubuh kita.

Secara terus menerus darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh, setiap menit setidaknya ada sekitar empat hingga lima liter darah yang dipompakan oleh otot-otot jantung. Jika aliran darah ke otot jantung atau aliran darah tersebut tersumbat hal ini lah yang berpotensi merusak otot-otot jantung sehingga mengakibatkan gagal jantung hingga berujung pada resiko kematian.

Faktor yang bisa mengakibatkan seseorang dapat terserang penyakit jantung koroner :

  1. kadar kolesterol darah yang tinggi
  2. diabetes melitus (kencing manis)
  3. kebiasaan merokok
  4. hipertensi (tekanan darah tinggi)
  5. kurang olahraga
  6. kegemukan (obesitas)
  7. stres akibat kesibukan
  8. genetik (faktor keturunan keluarga)
  9. konsumsi alkohol berlebihan

beberapa faktor diatas diantaranya memang suatu keadaan yang biasa dijalani oleh orang-orang muda inilah sebab mengapa diawal dikatakan bahwa kecenderungan PJK ini sekarang bergesar pada usia muda.

Gejala dan tanda penyakit jantung koroner

Rasa sakit yang timbul pada dada tengah bagian kiri (angina pectoris) ini diakibatkan oksigen yang dialirkan ke otot jantung berkurang karena menyempitnya pembuluh darah koroner. gejala ini biasanya dirasakan saat kita beraktifitas dan berkurang disaat sedang istirahat. Sementara untuk penderita pada usia lanjut dan penderita kencing manis, gejala yang timbul didada ini agak samar misalnya seperti masuk angin.

Selain itu harus diwaspadai juga jika dada sesak atau terasa nyeri disertai dengan keringat dingin, karena ini termasuk gejala infark miokard jantung akut/serangan jantung. Jika penderita menghadapi kendala ini sebaiknya sesegera mungkin mendapatkan penanganan di rumah sakit terdekat.

Gejala-gejala untuk serangan jadi jika di urai seperti berikut :

Rasa sesak di dada seperti tertekan atau tertimpa benda berat, terasa terbakar dibagian dada dan leher seperti tercekik.

Rasa sakit tersebut bisa menjalar dan dirasakan pada bagian lengan kiri, leher, dan punggung.
Sekitar 15—20 menit rasa sakit it berlangsung dan terjadi secara konstan.

Kondisi tubuh melemah, berkeringat dingin, dan jantung berdebar, selanjutnya pingsan.
Dengan istirahat rasa sakit tersebut bisa berkurang, namun jika melakukan aktifitas sakitnya justru bertambah.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyakit Jantung Koroner Kini Cenderung Menyerang Anak Muda di blog Udah Punya jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :